PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN STRATEGI GROUP RESUME (PTK Di SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13039/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan
siswa dalam pembelajaran matematika melalui implementasi Improving
Learning dengan strategi Group Resume. Jenis penelitian pada penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah
siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Boyolali yang berjumlah 24 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan
lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan
teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah
adanya peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika
meliputi: (a) bertanya kepada guru tentang materi yang telah disampaikan,
sebelum tindakan 2 siswa (8,3%) dan setelah tindakan menjadi 15 siswa
(62,5%); (b) menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sebelum
tindakan sebanyak 3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 18
siswa (75%); (c) keberanian untuk presentasi, sebelum tindakan sebanyak
3 siswa (12,5%) dan setelah tindakan sebanyak 10 siswa (41,6%); (d)
perhatian siswa terhadap pembelajaran, sebelum tindakan sebanyak 9
siswa (37,5%) dan setelah tindakan sebanyak 20 siswa (83%). Kesimpulan
dari penelitian ini adalah Implementasi Improving Learning dengan
strategi Group Resume dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika. |
---|