EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH (ICM) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PEMAHAMAN MATERI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII F di SMP Negeri 2 Simo)

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII dan (2) mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman materi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Index Card Match. Jenis penelit...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: KARTIKASARI , SENY
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/13038/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran matematika SMP kelas VII dan (2) mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman materi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Index Card Match. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Simo Boyolali, yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan meliputi: a) keberanian bertanya sebelum tindakan 3,57% dan setelah tindakan 25%, b) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 10,71% dan setelah tindakan 35,71%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 7,14% dan setelah tindakan 32,14%, d) mengemukakan pendapat atau ide sebelum putaran 0 % dan setelah tindakan 21,43%, dan (2) Ada peningkatan pemahaman materi dapat dilihat dari pencapaian nilai siswa dalam mengerjakan soal evaluasi  KKM sebelum tindakan 17,86% dan setelah tindakan 50%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan pemahaman materi.