PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PENEMUAN TERBIMBING POKOK BAHASAN LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran dalam pembelajaran matematika melalui strategi penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adal...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13035/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan
peningkatan motivasi belajar matematika pada pokok bahasan lingkaran dalam
pembelajaran matematika melalui strategi penemuan terbimbing. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah
siswa kelas VIII-D SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 35 siswa. Metode
pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif dengan model
alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dalam
pembelajaran matematika pokok bahasan lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari : 1)
kesiapan siswa mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 31,43 %
dan diakhir putaran mencapai 76,47 %, 2) memperhatikan penjelasan guru
sebelum diadakan tindakan sebesar 48,57 %, dan diakhir putaran sebesar 88,24 %,
3) semangat mengerjakan soal latihan dari guru sebelum diadakan putaran sebesar
45,71 %, dan diakhir tindakan sebesar 85,17 %, 4) antusiasme siswa mengerjakan
soal latihan di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 14,29 %, dan
diakhir tindakan mencapai 55,88 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi
penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan
motivasi belajar matematika. |
---|