PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N 4 Mojosongo Boyolali)

Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep matematika, (2) mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran da...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: AZIZA , AULIA LUTFI
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
English
English
English
English
English
English
Wydane: 2011
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/13034/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
Opis
Streszczenie:Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep matematika, (2) mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII B yang dikenai strategi Concept Mapping dan siswa kelas VII C yang dikenai strategi Explicit Instruction. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas, serta uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) terdapat pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep matematika, dengan Fa=5,159 (2) terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal, dengan Fb=23,917 (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep matematika, dengan Fab=0,618.