PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPT MAPPING DAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP N 4 Mojosongo Boyolali)
Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep matematika, (2) mengetahui pengaruh pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal, (3) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13034/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian (1) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Concept Mapping
dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep matematika, (2) mengetahui
pengaruh pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal, (3)
mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap
pemahaman konsep matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Mojosongo tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 6 kelas.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa dua kelas, yaitu siswa kelas VII B yang
dikenai strategi Concept Mapping dan siswa kelas VII C yang dikenai strategi
Explicit Instruction. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster
random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan
metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua
jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis
dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji
homogenitas, serta uji pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data
dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil: (1) terdapat pengaruh strategi
pembelajaran Concept Mapping dan Explicit Instruction terhadap pemahaman konsep
matematika, dengan Fa=5,159 (2) terdapat pengaruh pemahaman konsep matematika
ditinjau dari kemampuan awal, dengan Fb=23,917 (3) tidak terdapat interaksi antara
strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap pemahaman konsep
matematika, dengan Fab=0,618. |
---|