PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VI...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13033/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP
Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 36 siswa, dan
peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data,
menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi
dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
adalah; prestasi belajar siswa meningkat meliputi aspek: a) siswa yang mendapat
nilai ≥ 65 sebelum tindakan 61,11 % dan setelah tindakan 88,88 %, b) siswa yang
mendapat nilai diatas rata-rata kelas sebelum tindakan 50 % dengan rata-rata 67
dan setelah tindakan 63,88 % dengan rata-rata 85,91. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media
VCD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. |
---|