PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning W...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13032/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995772035366912 |
---|---|
author | RAHAYUNINGSIH , RIA SRI |
author_facet | RAHAYUNINGSIH , RIA SRI |
author_sort | RAHAYUNINGSIH , RIA SRI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar pada
kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With
Quiz Team, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan
balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz
Team. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan
adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Kartasura, yang berjumlah 33 siswa.
Metode pengumpulan data, metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode
alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan
triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan
minat belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa
yang: a) mau menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 12,12%, putaran I
28,13%, putaran II 41,94% dan di akhir tindakan 62,50%, b) mau bertanya kepada
guru sebelum tindakan 9,09%, putaran I 21,88%, putaran II 38,71% dan di akhir
tindakan 50%, c) mau maju mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum
tindakan 6,06%, putaran I 12,50%, putaran II 32,26% dan di akhir tindakan
53,13% dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari
nilai KKM yaitu 68 sebelum tindakan 24,24%, putaran I 40,63%, putaran II
70,97% dan di akhir tindakan 93,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa
(1) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team dapat meningkatkan
minat belajar siswa dan (2) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13032 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13032 https://eprints.ums.ac.id/13032/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011 RAHAYUNINGSIH , RIA SRI L Education (General) Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Kartasura, yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data, metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa yang: a) mau menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 12,12%, putaran I 28,13%, putaran II 41,94% dan di akhir tindakan 62,50%, b) mau bertanya kepada guru sebelum tindakan 9,09%, putaran I 21,88%, putaran II 38,71% dan di akhir tindakan 50%, c) mau maju mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum tindakan 6,06%, putaran I 12,50%, putaran II 32,26% dan di akhir tindakan 53,13% dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai KKM yaitu 68 sebelum tindakan 24,24%, putaran I 40,63%, putaran II 70,97% dan di akhir tindakan 93,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa (1) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team dapat meningkatkan minat belajar siswa dan (2) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/4/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/6/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/8/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13032/17/LAMPIRAN.pdf RAHAYUNINGSIH , RIA SRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070032 |
spellingShingle | L Education (General) RAHAYUNINGSIH , RIA SRI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011 |
title_sort | penerapan strategi pembelajaran mastery learning with quiz team untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada kubus dan balok bagi siswa kelas viii smp negeri 3 kartasura semester ii tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13032/ |
work_keys_str_mv | AT rahayuningsihriasri penerapanstrategipembelajaranmasterylearningwithquizteamuntukmeningkatkanminatdanhasilbelajarmatematikapadakubusdanbalokbagisiswakelasviiismpnegeri3kartasurasemesteriitahunajaran20102011 |