PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KUBUS DAN BALOK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KARTASURA SEMESTER II TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning W...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado em: |
2011
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/13032/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
Resumo: | Tujuan penelitian (1) mendiskripsikan peningkatan minat belajar pada
kubus dan balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With
Quiz Team, dan (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada kubus dan
balok melalui penerapan strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz
Team. Jenis penelitian PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan
adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 3 Kartasura, yang berjumlah 33 siswa.
Metode pengumpulan data, metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode
alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan
triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan
minat belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator banyaknya siswa
yang: a) mau menjawab pertanyaan dari guru sebelum tindakan 12,12%, putaran I
28,13%, putaran II 41,94% dan di akhir tindakan 62,50%, b) mau bertanya kepada
guru sebelum tindakan 9,09%, putaran I 21,88%, putaran II 38,71% dan di akhir
tindakan 50%, c) mau maju mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum
tindakan 6,06%, putaran I 12,50%, putaran II 32,26% dan di akhir tindakan
53,13% dan (2) ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari
nilai KKM yaitu 68 sebelum tindakan 24,24%, putaran I 40,63%, putaran II
70,97% dan di akhir tindakan 93,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa
(1) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team dapat meningkatkan
minat belajar siswa dan (2) penerapan strategi Mastery Learning With Quiz Team
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
---|