PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ditujukan untuk mendiskripsikan penerapan Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURWANTI , SILVIA ESTRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13031/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995771763785728
author MURWANTI , SILVIA ESTRI
author_facet MURWANTI , SILVIA ESTRI
author_sort MURWANTI , SILVIA ESTRI
collection ePrints
description Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ditujukan untuk mendiskripsikan penerapan Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika kelas VII PK yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII PK yang berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan19,23% meningkat menjadi 65,38%; 2) Ada peningkatan antusias siswa di dalam diskusi sebelum dilakukan tindakan 57,69% meningkat menjadi 88,46%; 3) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal – soal latihan sebelum dilakukan tindakan 38,46% meningkat menjadi 80,76%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Two Stay – Two Stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13031
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13031 https://eprints.ums.ac.id/13031/ PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) MURWANTI , SILVIA ESTRI L Education (General) Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ditujukan untuk mendiskripsikan penerapan Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika kelas VII PK yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VII PK yang berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan19,23% meningkat menjadi 65,38%; 2) Ada peningkatan antusias siswa di dalam diskusi sebelum dilakukan tindakan 57,69% meningkat menjadi 88,46%; 3) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal – soal latihan sebelum dilakukan tindakan 38,46% meningkat menjadi 80,76%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Two Stay – Two Stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/9/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/11/6.BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/14/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/16/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13031/19/9._LAMPIRAN.pdf MURWANTI , SILVIA ESTRI (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070029
spellingShingle L Education (General)
MURWANTI , SILVIA ESTRI
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada luas dan keliling persegi dan persegi panjang melalui strategi two stay two stray ptk pembelajaran matematika kelas vii semester genap smp muhammadiyah 7 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13031/
work_keys_str_mv AT murwantisilviaestri peningkatanmotivasibelajarsiswadalampembelajaranmatematikapadaluasdankelilingpersegidanpersegipanjangmelaluistrategitwostaytwostrayptkpembelajaranmatematikakelasviisemestergenapsmpmuhammadiyah7surakartatahunajaran20102011