PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA LUAS DAN KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI STRATEGI TWO STAY – TWO STRAY (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ditujukan untuk mendiskripsikan penerapan Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui strategi Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13031/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran matematika. Penelitian ditujukan untuk mendiskripsikan penerapan
Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa melalui strategi Two Stay – Two Stray dalam pembelajaran matematika.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara
kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika kelas VII PK yang
dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian adalah guru matematika kelas
VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan,
siswa kelas VII PK yang berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan.
Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan
tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur
yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan
selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan
kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum dilakukan
tindakan19,23% meningkat menjadi 65,38%; 2) Ada peningkatan antusias siswa
di dalam diskusi sebelum dilakukan tindakan 57,69% meningkat menjadi 88,46%;
3) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal – soal latihan
sebelum dilakukan tindakan 38,46% meningkat menjadi 80,76%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penerapan strategi Two Stay – Two Stray dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
|
---|