PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAY BAGI SISWA KELAS III SEMESTER GENAP SD NEGERI BANYUAGUNG 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Role Play dalam pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui strategi pembelajaran Role Play dalam pembelajaran matematika. Pendekatan pen...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13030/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini dilatar belakangi, rendahnya kamampuan komunikasi
matematika. Bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Role Play dalam
pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui
strategi pembelajaran Role Play dalam pembelajaran matematika. Pendekatan
penelitian, penelitian kualitatif. Desain penelitian, penelitian tindakan kelas yang
dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas III, yang
dilaksanakan dalam tiga siklus. Subyek penelitian, guru kelas III SD Negeri
Banyuagung 2 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas III yang
berjumlah 50 orang sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data,
observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan
pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil
penelitian tindakan kelas, 1) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam
mengajukan pertanyaan, dari 14% menjadi 52%; 2) Ada peningkatan kemampuan
siswa dalam menjawab pertanyaan, dari 22% menjadi 60%; 3) Ada peningkatan
kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat/ide, dari 20% menjadi 54%; 4)
Ada peningkatan kemampuan siswa dalam kerja kelompok, dari 26% menjadi
78%; 5) Ada peningkatan kemampuan siswa dalam mempresentasika hasil
pekerjaan, dari 28% menjadi 56%; dan 6) Ada peningkatan kemampuan siswa
dalam mengerjakan soal dengan KKM 65, dari 30% menjadi 84%. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Role Play dapat
meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. |
---|