PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan universitas terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sel...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Yazar: WINARSAH, EKA
Materyal Türü: Tez
Dil:English
English
English
English
English
English
English
English
Baskı/Yayın Bilgisi: 2011
Konular:
Online Erişim:https://eprints.ums.ac.id/13018/
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
_version_ 1804995768514248704
author WINARSAH, EKA
author_facet WINARSAH, EKA
author_sort WINARSAH, EKA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan universitas terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 179 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik insidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan observasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif serta sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 10,953 + 0,393.X1 + 0,356.X2, artinya motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas media internet berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kualitas media internet sebesar 3.584 sehingga thitung > ttabel atau 3.584 > 1.980 (α = 0,05). (2) Kelengkapan fasilitas perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel Kelengkapan fasilitas perpustakaan sebesar 3.776 sehingga thitung > ttabel atau 3.776 > 1.980 (α = 0,05) (3) Kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 27,236 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.320, berarti 32.0% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan, sisanya sebesar 68.0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13018
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13018 https://eprints.ums.ac.id/13018/ PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009 WINARSAH, EKA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan universitas terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 179 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik insidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan observasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif serta sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 10,953 + 0,393.X1 + 0,356.X2, artinya motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas media internet berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kualitas media internet sebesar 3.584 sehingga thitung > ttabel atau 3.584 > 1.980 (α = 0,05). (2) Kelengkapan fasilitas perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel Kelengkapan fasilitas perpustakaan sebesar 3.776 sehingga thitung > ttabel atau 3.776 > 1.980 (α = 0,05) (3) Kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 27,236 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.320, berarti 32.0% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan, sisanya sebesar 68.0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13018/18/LAMPIRAN.pdf WINARSAH, EKA (2011) PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070125
spellingShingle L Education (General)
WINARSAH, EKA
PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009
title PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009
title_full PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009
title_fullStr PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009
title_full_unstemmed PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009
title_short PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009
title_sort pengaruh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan universitas terhadap motivasi belajar mahasiswa fkip ums progdi pendidikan akuntansi angkatan 2008 2009
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13018/
work_keys_str_mv AT winarsaheka pengaruhkualitasmediainternetdankelengkapanfasilitasperpustakaanuniversitasterhadapmotivasibelajarmahasiswafkipumsprogdipendidikanakuntansiangkatan20082009