PENGARUH KUALITAS MEDIA INTERNET DAN KELENGKAPAN FASILITAS PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan universitas terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sel...

Cur síos iomlán

Sábháilte in:
Sonraí bibleagrafaíochta
Príomhchruthaitheoir: WINARSAH, EKA
Formáid: Tráchtas
Teanga:English
English
English
English
English
English
English
English
Foilsithe / Cruthaithe: 2011
Ábhair:
Rochtain ar líne:https://eprints.ums.ac.id/13018/
Clibeanna: Cuir clib leis
Níl clibeanna ann, Bí ar an gcéad duine le clib a chur leis an taifead seo!
Cur síos
Achoimre:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan universitas terhadap motivasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 179 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik insidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan observasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif serta sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 10,953 + 0,393.X1 + 0,356.X2, artinya motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kualitas media internet berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kualitas media internet sebesar 3.584 sehingga thitung > ttabel atau 3.584 > 1.980 (α = 0,05). (2) Kelengkapan fasilitas perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel Kelengkapan fasilitas perpustakaan sebesar 3.776 sehingga thitung > ttabel atau 3.776 > 1.980 (α = 0,05) (3) Kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 27,236 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.320, berarti 32.0% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kualitas media internet dan kelengkapan fasilitas perpustakaan, sisanya sebesar 68.0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.