PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keaktifan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. 3) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIYANI, DEVI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13014/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keaktifan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. 3) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan jurusan Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi semester VI tahun 2008 Universitas Muhammadiyah Surakarta, maka populasi pada penelitian ini sebanyak 189 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 123 orang mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keaktifan belajar mahasiswa mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,448 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,688 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Keaktifan belajar mahasiswa dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 40,337 > 3,072 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel keaktifan belajar mahasiswa memberikan sumbangan efektif 22,5%. Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 17,7%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 40,2%, sedangkan 59,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.