PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FKIP PENDIDIKAN AKUNTANSI SEMESTER VI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN AKADEMIK 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keaktifan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. 3) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13014/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh keaktifan belajar
mahasiswa terhadap prestasi belajar. 2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap
prestasi belajar. 3) Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan jurusan Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
mahasiswa FKIP Pendidikan Akuntansi semester VI tahun 2008 Universitas
Muhammadiyah Surakarta, maka populasi pada penelitian ini sebanyak 189
mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 123 orang mahasiswa dengan teknik simple
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi
linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan
sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Keaktifan belajar mahasiswa mempunyai
pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t
diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,448 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05,
yaitu 0,000. 2) Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh positif yang signifikan
terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,688 > 1,980
dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Keaktifan belajar
mahasiswa dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak,
karena Fhitung > Ftabel, yaitu 40,337 > 3,072 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05,
yaitu 0,000. 4) Variabel keaktifan belajar mahasiswa memberikan sumbangan efektif
22,5%. Variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif 17,7%, jadi
total sumbangan efektif adalah sebesar 40,2%, sedangkan 59,8% sisanya dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti.
|
---|