PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KOMPETENSI DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH PADA MAHASISWA FKIP-UMS PROGDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2008/2009
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mengenai kompetensi dosen terhadap motivasi belajar, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh persepsi mengenai kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar. Metode penelitian...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13013/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi
mengenai kompetensi dosen terhadap motivasi belajar, 2) pengaruh fasilitas
belajar terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh persepsi mengenai kompetensi
dosen dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan
Akuntansi FKIP UMS angkatan 2008/2009 yang telah menempuh mata kuliah
Akuntansi Keuangan Menangah berjumlah 179 mahasiswa dengan sampel
sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan
uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi
linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif.
Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda
sebagai berikut Y=10,361+0,403X1+0,263X2, artinya motivasi belajar dipengaruhi
oleh persepsi mengenai kompetensi dosen dan fasilitas belajar. Berdasar analisis
dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) persepsi mengenai kompetensi
dosen berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti berdasar hasil
perhitungan SPSS dengan nilai probabilitas uji t untuk variabel persepsi mengenai
kompetensi dosen sebesar 0,009 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikansi
atau 0,009 < 0,05. (2) fasilitas belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal
ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan spss dengan nilai probabilitas uji t
untuk variabel fasilitas belajar sebesar 0,003 sehingga nilai probabilitas < taraf
signifikansi atau 0,003 < 0,05. (3) persepsi mahasiswa mengenai kompetensi
dosen dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap
motivasi belajar mahasiwa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai
probabilitas sebesar 0,000 sehingga nilai probabilitas < taraf signifikansi atau
0,000 < 0,05. (4) Hasil perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif
menunjukkan bahwa kontribusi persepsi mengenai kompetensi dosen terhadap
motivasi belajar adalah sebesar 7,89% sedangkan kontribusi fasilitas belajar terhadap motivasi belajar adalah sebesar 9,71% sehingga total sumbangan
persepsi mengenai kompetensi dosen dan fasilitas belajar dalam meningkatkan
motivasi belajar mahasiswa sebesar 17,6%.
|
---|