PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: TAMA, DIANI WANITA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13012/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995767160537088
author TAMA, DIANI WANITA
author_facet TAMA, DIANI WANITA
author_sort TAMA, DIANI WANITA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 181 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=2,659 + 0,324 X1 + 0,628 X2, artinya kepuasan belajar dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,583 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 8,837 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 73,974 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memberikan sumbangan efektif 12, 47%. variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan efektif 42, 73%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,2%, sedangkan 44, 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13012
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13012 https://eprints.ums.ac.id/13012/ PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009 TAMA, DIANI WANITA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 181 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=2,659 + 0,324 X1 + 0,628 X2, artinya kepuasan belajar dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,583 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 8,837 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 73,974 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memberikan sumbangan efektif 12, 47%. variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan efektif 42, 73%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,2%, sedangkan 44, 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13012/9/LAMPIRAN.pdf TAMA, DIANI WANITA (2011) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070109
spellingShingle L Education (General)
TAMA, DIANI WANITA
PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
title PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
title_full PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
title_short PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
title_sort pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fkip ums angkatan 2008 2009
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13012/
work_keys_str_mv AT tamadianiwanita pengaruhpersepsimahasiswatentangkompetensimengajardosendankualitaspelayananterhadapkepuasanbelajarmahasiswaprogramstudipendidikanakuntansifkipumsangkatan20082009