PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2011
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/13012/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
Tóm tắt: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi
mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2)
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi
mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan belajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan
Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 181 mahasiswa dengan
sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik incidental sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode
angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas.
Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F,
sumbangan efektif dan sumbangan relatif.
Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda
sebagai berikut Y=2,659 + 0,324 X1 + 0,628 X2, artinya kepuasan belajar
dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan
kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung
> ttabel , yaitu 3,583 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.
2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 8,837 > 1,980 dan nilai
probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) persepsi mahasiswa tentang
kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel,
yaitu 73,974 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4)
variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memberikan
sumbangan efektif 12, 47%. variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan
efektif 42, 73%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,2%,
sedangkan 44, 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. |
---|