PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMS ANGKATAN 2008/2009

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: TAMA, DIANI WANITA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13012/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen terhadap kepuasan belajar, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar, 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 181 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=2,659 + 0,324 X1 + 0,628 X2, artinya kepuasan belajar dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,583 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 8,837 > 1,980 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan belajar. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 73,974 > 3,07 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) variabel persepsi mahasiswa tentang kompetensi mengajar dosen memberikan sumbangan efektif 12, 47%. variabel kualitas pelayanan memberikan sumbangan efektif 42, 73%, sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 55,2%, sedangkan 44, 8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.