PENGARUH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 3) lingkungan dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: DEWI , SARASWATI RATNA PUSPA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13009/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 3) lingkungan dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 220 siswa. Sampel diambil sebanyak 135 orang siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Lingkungan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,627 > 1,978 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,416 > 1,978 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 51,379 > 3,065 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan memberikan sumbangan efektif 19,6%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 24,2%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 43,8%, sedangkan 56,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.