PENGARUH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 3) lingkungan dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata...
Salvato in:
Autore principale: | |
---|---|
Natura: | Tesi |
Lingua: | English English English English English English English English |
Pubblicazione: |
2011
|
Soggetti: | |
Accesso online: | https://eprints.ums.ac.id/13009/ |
Tags: |
Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne!!
|
Riassunto: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan
terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 2) pengaruh motivasi belajar
siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi. 3) lingkungan dan
motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akuntansi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil
lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011
yang berjumlah 220 siswa. Sampel diambil sebanyak 135 orang siswa dengan teknik
simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi
linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan
sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Lingkungan mempunyai pengaruh positif
yang signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung
> ttabel, yaitu 4,627 > 1,978 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2)
Motivasi belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi
belajar akuntansi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,416 > 1,978 dan
nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan dan motivasi belajar
secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar
akuntansi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu
51,379 > 3,065 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel
lingkungan memberikan sumbangan efektif 19,6%. Variabel motivasi belajar
memberikan sumbangan efektif 24,2%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar
43,8%, sedangkan 56,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
|
---|