PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri metode pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak; (2) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri media pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang De...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hastutik , Hastutik
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12976/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995757490569216
author Hastutik , Hastutik
author_facet Hastutik , Hastutik
author_sort Hastutik , Hastutik
collection ePrints
description Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri metode pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak; (2) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri media pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak; (3) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri interaksi pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dibatasi pada pengelolaan pembelajaran berbasis mutu di SD Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan yang lain, dan dokumen-dokumen resmi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran digunakan SD Tlogoboyo 1 Bonang Demak dalam pembelajaran berbasis mutu disesuaikan dengan materi pelajaran seperti metode diskusi kelompok, metode demonstrasi, metode problem solving, dan metode latihan yang berstruktur. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan metode pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran interaktif ini dengan mengaktifkan kelas dimana terjadi dialog antara guru dan siswa; (2) Ciri-ciri media pembelajaran berbasis mutu di SD Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak adalah media dipilih berdasarkan konsep materi yang disajikan berupa multimedia yang sesuai dengan kurikulum SD Negeri Tlogoboyo I Bonang Demak, terdapat evaluasi, memiliki warna, suara, dan animasi yang jelas seperti penggunaan Power Point, LCD, dan computer; (3) Ciri-ciri interaksi pembelajaran berbasis mutu di SDN Tlogoboyo I Bonang Demak dapat dilihat dari cara guru mengorganisasi materi pelajaran seperti penyajian materi dengan media pembelajaran, penggunaan lembar kerja siswa dan juga materi pembelajaran disajikan melalui internet. Dengan pengelolaan materi pelajaran tersebut interaksi belajar mengajar menjadi aktif. Ketrampilan mengajar yang dilakukan guru SD Negeri Tlogoboyo I Bonang Demak dengan menggunakan model pembelajaran metode diskusi kelompok, metode demonstrasi, metode problem solving, dan metode latihan yang berstruktur juga menunjukkan adanya interaksi pembelajaran yang dilakukan antara siswa dan guru. Dengan model pembelajaran tersebut siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12976
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12976 https://eprints.ums.ac.id/12976/ PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK Hastutik , Hastutik L Education (General) Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri metode pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak; (2) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri media pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak; (3) mendeskripsikan dan mengkaji ciri-ciri interaksi pembelajaran berbasis mutu Sekolah Dasar Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dibatasi pada pengelolaan pembelajaran berbasis mutu di SD Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan yang lain, dan dokumen-dokumen resmi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran digunakan SD Tlogoboyo 1 Bonang Demak dalam pembelajaran berbasis mutu disesuaikan dengan materi pelajaran seperti metode diskusi kelompok, metode demonstrasi, metode problem solving, dan metode latihan yang berstruktur. Metode pembelajaran yang digunakan merupakan metode pembelajaran interaktif. Metode pembelajaran interaktif ini dengan mengaktifkan kelas dimana terjadi dialog antara guru dan siswa; (2) Ciri-ciri media pembelajaran berbasis mutu di SD Negeri Tlogoboyo 1 Bonang Demak adalah media dipilih berdasarkan konsep materi yang disajikan berupa multimedia yang sesuai dengan kurikulum SD Negeri Tlogoboyo I Bonang Demak, terdapat evaluasi, memiliki warna, suara, dan animasi yang jelas seperti penggunaan Power Point, LCD, dan computer; (3) Ciri-ciri interaksi pembelajaran berbasis mutu di SDN Tlogoboyo I Bonang Demak dapat dilihat dari cara guru mengorganisasi materi pelajaran seperti penyajian materi dengan media pembelajaran, penggunaan lembar kerja siswa dan juga materi pembelajaran disajikan melalui internet. Dengan pengelolaan materi pelajaran tersebut interaksi belajar mengajar menjadi aktif. Ketrampilan mengajar yang dilakukan guru SD Negeri Tlogoboyo I Bonang Demak dengan menggunakan model pembelajaran metode diskusi kelompok, metode demonstrasi, metode problem solving, dan metode latihan yang berstruktur juga menunjukkan adanya interaksi pembelajaran yang dilakukan antara siswa dan guru. Dengan model pembelajaran tersebut siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/1/Atribut_Tutik.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/8/BAB_VI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12976/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf Hastutik , Hastutik (2011) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100090074.
spellingShingle L Education (General)
Hastutik , Hastutik
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK
title PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK
title_full PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK
title_fullStr PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK
title_full_unstemmed PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK
title_short PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MUTU DI SD NEGERI TLOGOBOYO 1 BONANG DEMAK
title_sort pengelolaan pembelajaran berbasis mutu di sd negeri tlogoboyo 1 bonang demak
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12976/
work_keys_str_mv AT hastutikhastutik pengelolaanpembelajaranberbasismutudisdnegeritlogoboyo1bonangdemak