MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik di TK Pertiwi Gebel, melalui media flash card. Hal ini dikarenakan motivasi belajar membaca anak didik di TK tersebut masih rendah, yang terbukti dengan sikap anak berupa; anak sering alasan dan tidak fokus...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SURYANI , ELLYS PUTRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12841/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995721546432512
author SURYANI , ELLYS PUTRI
author_facet SURYANI , ELLYS PUTRI
author_sort SURYANI , ELLYS PUTRI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik di TK Pertiwi Gebel, melalui media flash card. Hal ini dikarenakan motivasi belajar membaca anak didik di TK tersebut masih rendah, yang terbukti dengan sikap anak berupa; anak sering alasan dan tidak fokus saat belajar membaca. Sikap anak tersebut, disebabkan oleh media belajar membaca yang tidak menarik/monoton, dan anak mengikuti kegiatan belajar membaca, dikarenakan rutinitas/rangkaian kegiatan di TK, yang harus dijalani anak, bukan karena kemauan anak sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), setting penelitian berada di TK Pertiwi Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali, dengan subjek penelitian, anak didik kelompok B. Data yang dikumpulkan adalah data mengenai motivasi belajar membaca anak didik dan pelaksanaan belajar membaca dengan flash card. Data motivasi belajar membaca dikumpulkan dengan teknik observasi dengan menggunakan instrumen chek list. Data mengenai kegiatan belajar membaca dengan flash card dikumpulkan/dicatat dengan menggunakan teknik catatan lapangan. Kedua data tersebut dianalisis dengan teknik komparatif, untuk membandingkan hasil penelitian dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi belajar membaca pada siklus I sebesar 50,83%, meningkat 20% pada siklus II menjadi 70,83% dan pada siklus III meningkat 10% lagi menjadi 80,83%. Dari hasil penelitian berupa prosentase tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa, flash card dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik kelompok B TK Pertiwi Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12841
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12841 https://eprints.ums.ac.id/12841/ MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI SURYANI , ELLYS PUTRI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik di TK Pertiwi Gebel, melalui media flash card. Hal ini dikarenakan motivasi belajar membaca anak didik di TK tersebut masih rendah, yang terbukti dengan sikap anak berupa; anak sering alasan dan tidak fokus saat belajar membaca. Sikap anak tersebut, disebabkan oleh media belajar membaca yang tidak menarik/monoton, dan anak mengikuti kegiatan belajar membaca, dikarenakan rutinitas/rangkaian kegiatan di TK, yang harus dijalani anak, bukan karena kemauan anak sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), setting penelitian berada di TK Pertiwi Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali, dengan subjek penelitian, anak didik kelompok B. Data yang dikumpulkan adalah data mengenai motivasi belajar membaca anak didik dan pelaksanaan belajar membaca dengan flash card. Data motivasi belajar membaca dikumpulkan dengan teknik observasi dengan menggunakan instrumen chek list. Data mengenai kegiatan belajar membaca dengan flash card dikumpulkan/dicatat dengan menggunakan teknik catatan lapangan. Kedua data tersebut dianalisis dengan teknik komparatif, untuk membandingkan hasil penelitian dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi belajar membaca pada siklus I sebesar 50,83%, meningkat 20% pada siklus II menjadi 70,83% dan pada siklus III meningkat 10% lagi menjadi 80,83%. Dari hasil penelitian berupa prosentase tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa, flash card dapat meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik kelompok B TK Pertiwi Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/1/Cover_%26_Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/2/BAB_I_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/3/BAB_II_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/4/BAB_III_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/6/BAB_IV_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/10/DAFTAR_PUSTAKA_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/12/Halaman_90-91.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/14/Halaman_92-93.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/16/Halaman_94-95.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/23/Halaman_96-97.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/28/Halaman_98-99.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/30/Halaman_100-102.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/34/Halaman_103-104.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/36/Halaman_105-109.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/39/Halaman_110-111.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/41/Halaman_112-114.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/43/Halaman_119.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12841/47/Lampiran_Foto_halaman_115-118.pdf SURYANI , ELLYS PUTRI (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520095003
spellingShingle L Education (General)
SURYANI , ELLYS PUTRI
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI
title MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI
title_full MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI
title_fullStr MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI
title_full_unstemmed MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI
title_short MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI
title_sort meningkatkan motivasi belajar membaca anak melalui kegiatan bermain flash card di tk pertiwi gebel nogosari kabupaten boyolali
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12841/
work_keys_str_mv AT suryaniellysputri meningkatkanmotivasibelajarmembacaanakmelaluikegiatanbermainflashcardditkpertiwigebelnogosarikabupatenboyolali