MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FLASH CARD Di TK PERTIWI GEBEL NOGOSARI KABUPATEN BOYOLALI
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik di TK Pertiwi Gebel, melalui media flash card. Hal ini dikarenakan motivasi belajar membaca anak didik di TK tersebut masih rendah, yang terbukti dengan sikap anak berupa; anak sering alasan dan tidak fokus...
Furkejuvvon:
Váldodahkki: | |
---|---|
Materiálatiipa: | Oahppočájánas |
Giella: | English English English English English English English English English English English English English English English English English English English |
Almmustuhtton: |
2011
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://eprints.ums.ac.id/12841/ |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
Čoahkkáigeassu: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar membaca
anak didik di TK Pertiwi Gebel, melalui media flash card. Hal ini dikarenakan
motivasi belajar membaca anak didik di TK tersebut masih rendah, yang terbukti
dengan sikap anak berupa; anak sering alasan dan tidak fokus saat belajar
membaca. Sikap anak tersebut, disebabkan oleh media belajar membaca yang
tidak menarik/monoton, dan anak mengikuti kegiatan belajar membaca,
dikarenakan rutinitas/rangkaian kegiatan di TK, yang harus dijalani anak, bukan
karena kemauan anak sendiri.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), setting
penelitian berada di TK Pertiwi Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali, dengan
subjek penelitian, anak didik kelompok B. Data yang dikumpulkan adalah data
mengenai motivasi belajar membaca anak didik dan pelaksanaan belajar membaca
dengan flash card. Data motivasi belajar membaca dikumpulkan dengan teknik
observasi dengan menggunakan instrumen chek list. Data mengenai kegiatan
belajar membaca dengan flash card dikumpulkan/dicatat dengan menggunakan
teknik catatan lapangan. Kedua data tersebut dianalisis dengan teknik komparatif,
untuk membandingkan hasil penelitian dengan indikator kinerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motivasi belajar membaca pada siklus
I sebesar 50,83%, meningkat 20% pada siklus II menjadi 70,83% dan pada siklus
III meningkat 10% lagi menjadi 80,83%. Dari hasil penelitian berupa prosentase
tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa, flash card dapat
meningkatkan motivasi belajar membaca anak didik kelompok B TK Pertiwi
Gebel, Nogosari, Kabupaten Boyolali.
|
---|