UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KATA PADA KELOMPOK B DI RA AL MUTTAQIN TANJUNG NGUTER SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan: (1) Secara umum untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan kata, (2) Secara khusus untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan membaca melalui permainan kata kelompok B di RA Al Muttaqin Tanjung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tind...

Volledige beschrijving

Bewaard in:
Bibliografische gegevens
Hoofdauteur: NURJANAH, SITI
Formaat: Thesis
Taal:English
English
English
English
English
English
English
English
Gepubliceerd in: 2011
Onderwerpen:
Online toegang:https://eprints.ums.ac.id/12840/
Tags: Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
Omschrijving
Samenvatting:Penelitian ini bertujuan: (1) Secara umum untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan kata, (2) Secara khusus untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan membaca melalui permainan kata kelompok B di RA Al Muttaqin Tanjung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah: observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode alur, yang terdiri 3 alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil ditemukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan membaca melalui permainan kata di setiap siklus tidak menunjukkan suatu kestabilan. Adapun prosentase peningkatan sebelum tindakan sampai dengan siklus I mencapai 35%. Kemampuan siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 25% dan peningkatan dari siklus II sampai siklus III hanya mencapai 17%. Terbukti bahwa tindakan sampai siklus I mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan karena pada awal-awal pertemuan ketertarikan anak masih sangat tinggi, mereka sangat semangat dan antusias terhadap hal yang baru dan belum pernah mereka dapatkan. (2) Permainan kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan membaca dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 20%, siklus I mencapai 55%, siklus II mencapai 80% dan siklus III mencapai 97%, oleh karena itu media kartu kata merupakan media yang efektif untuk pembelajaran membaca pada anak