UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Latar belakang penelitian adalah keterampilan menulis pantun yang rendah di SDN Banyurip 2 ditunjukkan dengan hasil tulisan siswa ketika guru memberi tugas agar membuat pantun, banyak yang hasilnya sama atau mencontek di buku pelajaran. Pembelajaran melalui media gambar dipilih guru a...
Bewaard in:
Hoofdauteur: | |
---|---|
Formaat: | Thesis |
Taal: | English English English English English English English English |
Gepubliceerd in: |
2011
|
Onderwerpen: | |
Online toegang: | https://eprints.ums.ac.id/12832/ |
Tags: |
Voeg label toe
Geen labels, Wees de eerste die dit record labelt!
|
_version_ | 1804995719089618944 |
---|---|
author | YULIATUN, YULIATUN |
author_facet | YULIATUN, YULIATUN |
author_sort | YULIATUN, YULIATUN |
collection | ePrints |
description | Latar belakang penelitian adalah keterampilan menulis pantun yang rendah
di SDN Banyurip 2 ditunjukkan dengan hasil tulisan siswa ketika guru memberi
tugas agar membuat pantun, banyak yang hasilnya sama atau mencontek di buku
pelajaran. Pembelajaran melalui media gambar dipilih guru agar dapat
memberikan nuansa yang berbeda di dalam kegiatan belajar mengajar. Karena
selain mudah, murah juga mampu membantu siswa menentukan berbagai
kosakata dalam membuat pantun sesuai dengan gambar.
Tujuan dari penelitian adalah Untuk meningkatkan kemampuan menulis
pantun siswa kelas IV SDN Banyurip 2. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat
sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu belajar siswa serta
sebagai peningkatan kompetensi guru dalam merancang model-model
pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2
Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen jumlah siswa 11 anak, terdiri dari
5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dari sejak bulan
Oktober sampai Desember 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah melalui observasi tes dan wawancara.
Sebelum dilaksanakan penelitian nilai menulis pantun belum memenuhi
kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan guru. Dalam upaya meningkatkan
keterampilan menulis pantun sesuai gambar sekaligus meningkatkan pencapaian
Kreteria Ketuntasan Minimal, maka penelitian dilakukan dalam 3 siklus agar hasil
lebih optimal.
Pada siklus I diperoleh keterampilan menulis pantun siswa telah meningkat
dilihat dari hasil rata-rata kelas yakni 70,8 dengan hanya 4 siswa yang tuntas
(36,4%) kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata kelas
menjadi 76,3 dengan jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan sebanyak 10 siswa
(91%) dan di akhir siklus III sebagai pemantapan rata-rata kelas adalah 78,5
sebanyak 11 siswa (91%). Penggunaan media gambar dapat meningkatkan
keterampilan menulis pantun bagi siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2 tahun
pelajaran 2010/ 2011. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa membuat
pantun sudah memenuhi ciri-ciri sebuah pantun dan lebih bervariasi.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12832 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12832 https://eprints.ums.ac.id/12832/ UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 YULIATUN, YULIATUN L Education (General) Latar belakang penelitian adalah keterampilan menulis pantun yang rendah di SDN Banyurip 2 ditunjukkan dengan hasil tulisan siswa ketika guru memberi tugas agar membuat pantun, banyak yang hasilnya sama atau mencontek di buku pelajaran. Pembelajaran melalui media gambar dipilih guru agar dapat memberikan nuansa yang berbeda di dalam kegiatan belajar mengajar. Karena selain mudah, murah juga mampu membantu siswa menentukan berbagai kosakata dalam membuat pantun sesuai dengan gambar. Tujuan dari penelitian adalah Untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN Banyurip 2. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu belajar siswa serta sebagai peningkatan kompetensi guru dalam merancang model-model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2 Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen jumlah siswa 11 anak, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dari sejak bulan Oktober sampai Desember 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi tes dan wawancara. Sebelum dilaksanakan penelitian nilai menulis pantun belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan guru. Dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pantun sesuai gambar sekaligus meningkatkan pencapaian Kreteria Ketuntasan Minimal, maka penelitian dilakukan dalam 3 siklus agar hasil lebih optimal. Pada siklus I diperoleh keterampilan menulis pantun siswa telah meningkat dilihat dari hasil rata-rata kelas yakni 70,8 dengan hanya 4 siswa yang tuntas (36,4%) kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 76,3 dengan jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan sebanyak 10 siswa (91%) dan di akhir siklus III sebagai pemantapan rata-rata kelas adalah 78,5 sebanyak 11 siswa (91%). Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun bagi siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2 tahun pelajaran 2010/ 2011. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa membuat pantun sudah memenuhi ciri-ciri sebuah pantun dan lebih bervariasi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/1/DAFTAR_ISI_-_ABSTRAK.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/18/LAMPIRAN.pdf YULIATUN, YULIATUN (2011) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510081005 |
spellingShingle | L Education (General) YULIATUN, YULIATUN UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | upaya peningkatan keterampilan menulis pantun melalui media gambar pada siswa kelas iv sdn banyurip 2 kecamatan sambungmacan kabupaten sragen tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/12832/ |
work_keys_str_mv | AT yuliatunyuliatun upayapeningkatanketerampilanmenulispantunmelaluimediagambarpadasiswakelasivsdnbanyurip2kecamatansambungmacankabupatensragentahunpelajaran20102011 |