UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Latar belakang penelitian adalah keterampilan menulis pantun yang rendah di SDN Banyurip 2 ditunjukkan dengan hasil tulisan siswa ketika guru memberi tugas agar membuat pantun, banyak yang hasilnya sama atau mencontek di buku pelajaran. Pembelajaran melalui media gambar dipilih guru a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULIATUN, YULIATUN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12832/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995719089618944
author YULIATUN, YULIATUN
author_facet YULIATUN, YULIATUN
author_sort YULIATUN, YULIATUN
collection ePrints
description Latar belakang penelitian adalah keterampilan menulis pantun yang rendah di SDN Banyurip 2 ditunjukkan dengan hasil tulisan siswa ketika guru memberi tugas agar membuat pantun, banyak yang hasilnya sama atau mencontek di buku pelajaran. Pembelajaran melalui media gambar dipilih guru agar dapat memberikan nuansa yang berbeda di dalam kegiatan belajar mengajar. Karena selain mudah, murah juga mampu membantu siswa menentukan berbagai kosakata dalam membuat pantun sesuai dengan gambar. Tujuan dari penelitian adalah Untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN Banyurip 2. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu belajar siswa serta sebagai peningkatan kompetensi guru dalam merancang model-model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2 Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen jumlah siswa 11 anak, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dari sejak bulan Oktober sampai Desember 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi tes dan wawancara. Sebelum dilaksanakan penelitian nilai menulis pantun belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan guru. Dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pantun sesuai gambar sekaligus meningkatkan pencapaian Kreteria Ketuntasan Minimal, maka penelitian dilakukan dalam 3 siklus agar hasil lebih optimal. Pada siklus I diperoleh keterampilan menulis pantun siswa telah meningkat dilihat dari hasil rata-rata kelas yakni 70,8 dengan hanya 4 siswa yang tuntas (36,4%) kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 76,3 dengan jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan sebanyak 10 siswa (91%) dan di akhir siklus III sebagai pemantapan rata-rata kelas adalah 78,5 sebanyak 11 siswa (91%). Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun bagi siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2 tahun pelajaran 2010/ 2011. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa membuat pantun sudah memenuhi ciri-ciri sebuah pantun dan lebih bervariasi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12832
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12832 https://eprints.ums.ac.id/12832/ UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 YULIATUN, YULIATUN L Education (General) Latar belakang penelitian adalah keterampilan menulis pantun yang rendah di SDN Banyurip 2 ditunjukkan dengan hasil tulisan siswa ketika guru memberi tugas agar membuat pantun, banyak yang hasilnya sama atau mencontek di buku pelajaran. Pembelajaran melalui media gambar dipilih guru agar dapat memberikan nuansa yang berbeda di dalam kegiatan belajar mengajar. Karena selain mudah, murah juga mampu membantu siswa menentukan berbagai kosakata dalam membuat pantun sesuai dengan gambar. Tujuan dari penelitian adalah Untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN Banyurip 2. Penelitian diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu belajar siswa serta sebagai peningkatan kompetensi guru dalam merancang model-model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Subyek dalam peniltian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2 Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen jumlah siswa 11 anak, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dari sejak bulan Oktober sampai Desember 2010. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi tes dan wawancara. Sebelum dilaksanakan penelitian nilai menulis pantun belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan guru. Dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pantun sesuai gambar sekaligus meningkatkan pencapaian Kreteria Ketuntasan Minimal, maka penelitian dilakukan dalam 3 siklus agar hasil lebih optimal. Pada siklus I diperoleh keterampilan menulis pantun siswa telah meningkat dilihat dari hasil rata-rata kelas yakni 70,8 dengan hanya 4 siswa yang tuntas (36,4%) kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata kelas menjadi 76,3 dengan jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan sebanyak 10 siswa (91%) dan di akhir siklus III sebagai pemantapan rata-rata kelas adalah 78,5 sebanyak 11 siswa (91%). Penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun bagi siswa kelas IV SD Negeri Banyurip 2 tahun pelajaran 2010/ 2011. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan siswa membuat pantun sudah memenuhi ciri-ciri sebuah pantun dan lebih bervariasi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/1/DAFTAR_ISI_-_ABSTRAK.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12832/18/LAMPIRAN.pdf YULIATUN, YULIATUN (2011) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510081005
spellingShingle L Education (General)
YULIATUN, YULIATUN
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN BANYURIP 2 KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort upaya peningkatan keterampilan menulis pantun melalui media gambar pada siswa kelas iv sdn banyurip 2 kecamatan sambungmacan kabupaten sragen tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12832/
work_keys_str_mv AT yuliatunyuliatun upayapeningkatanketerampilanmenulispantunmelaluimediagambarpadasiswakelasivsdnbanyurip2kecamatansambungmacankabupatensragentahunpelajaran20102011