PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI DEEP DIALOGUE KELAS IV SDN KLECO 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar IPA dan peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Kleco 2...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12827/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar
IPA dan peningkatan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA menggunakan strategi
deep dialogue. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek
penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N Kleco 2 Surakarta yang berjumlah 38
siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan
langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran IPA pada pokok bahasan perubahan kenampakan alam. Hal ini dapat
dilihat dari 1) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum diadakan tindakan sebesar 57,99
%, di akhir putaran mencapai 78,95 %, 2) memperhatikan penjelasan guru sebelum
diadakan tindakan sebesar 65,79 %, di akhir putaran mencapai 92,10 %, serta 3)
mengerjakan soal latihan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 71,05 %, pada di
akhir putaran mencapai 94,74 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan
sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa.
Sebelum diberikan tindakan kelas, prestasi belajar siswa hanya mencapai daya serap
60,53 %, sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap
94,73 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis deep
dialogue dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga
berdampak pada peningkatan prestasi belajar. |
---|