UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IRMAWAN , SIGIT
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12826/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995717461180416
author IRMAWAN , SIGIT
author_facet IRMAWAN , SIGIT
author_sort IRMAWAN , SIGIT
collection ePrints
description Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang adalah observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Tes disini adalah berupa soal-soal menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Analisis data dimulai sejak awal tindakan dilaksanakan dan penyajian data berupa sekumpulan informasi dalam bentuk teks naratif yang disusun, diatur dan diringkas, sehingga mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas 62,5 pada siklus I meningkat menjadi 77,67 pada siklus II dan 86,67 pada siklus III. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 50% meningkat menjadi 66,67% pada siklus II dan 91,67 % pada siklus III dengan KKM 63. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika dapat di tingkatkan melalui penggunaan media tiga dimensi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12826
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12826 https://eprints.ums.ac.id/12826/ UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI IRMAWAN , SIGIT L Education (General) Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang Sambi Boyolali dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v Sekolah Dasar Negeri 02 Glintang pada tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data yang adalah observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Tes disini adalah berupa soal-soal menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Analisis data dimulai sejak awal tindakan dilaksanakan dan penyajian data berupa sekumpulan informasi dalam bentuk teks naratif yang disusun, diatur dan diringkas, sehingga mudah dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menghitung volume bangun ruang kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai kelas 62,5 pada siklus I meningkat menjadi 77,67 pada siklus II dan 86,67 pada siklus III. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 50% meningkat menjadi 66,67% pada siklus II dan 91,67 % pada siklus III dengan KKM 63. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika dapat di tingkatkan melalui penggunaan media tiga dimensi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/1/1_LAMPIRAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/2/2_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/3/3_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/4/4_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/5/5_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/8/6_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/10/7_Daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12826/12/8_lampirann_belakang.pdf IRMAWAN , SIGIT (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070216
spellingShingle L Education (General)
IRMAWAN , SIGIT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI
title UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI
title_full UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI
title_short UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 02 GLINTANG SAMBI BOYOLALI
title_sort upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media tiga dimensi pada siswa kelas v di sd negeri 02 glintang sambi boyolali
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12826/
work_keys_str_mv AT irmawansigit upayapeningkatanhasilbelajarmatematikamelaluipenggunaanmediatigadimensipadasiswakelasvdisdnegeri02glintangsambiboyolali