PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KHUSAENI , NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12824/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995716908580864
author KHUSAENI , NUR
author_facet KHUSAENI , NUR
author_sort KHUSAENI , NUR
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan metode SQ3R dan diakhiri dengan post- test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas V pada siklus I (Aspek kognitif = 54,54 atau meningkat sebesar 21,51 poin dari rata-rata nilai awal yaitu 33,03; aspek afektif = 25,39 (termasuk kategori kurang berhasil) Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 73,03 atau meningkat sebesar 18,49 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 32,09 (termasuk cukup berhasil) atau meningkat sebesar 6,70 poin dari siklus I). Untuk rata-rata hasil belajar pada siklus III (Aspek kognitif = 86,96 atau meningkat sebesar 13,93 poin dari rata-rata siklus II; Aspek Afektif = 39,45 (masuk dalam kategori berhasil) atau meningkat sebesar 7,03 poin dari siklus II). Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus III meningkat menjadi 53,93 poin dari penilaian kognitif nilai awal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12824
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12824 https://eprints.ums.ac.id/12824/ PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011 KHUSAENI , NUR L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan metode SQ3R dan diakhiri dengan post- test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas V pada siklus I (Aspek kognitif = 54,54 atau meningkat sebesar 21,51 poin dari rata-rata nilai awal yaitu 33,03; aspek afektif = 25,39 (termasuk kategori kurang berhasil) Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 73,03 atau meningkat sebesar 18,49 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 32,09 (termasuk cukup berhasil) atau meningkat sebesar 6,70 poin dari siklus I). Untuk rata-rata hasil belajar pada siklus III (Aspek kognitif = 86,96 atau meningkat sebesar 13,93 poin dari rata-rata siklus II; Aspek Afektif = 39,45 (masuk dalam kategori berhasil) atau meningkat sebesar 7,03 poin dari siklus II). Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus III meningkat menjadi 53,93 poin dari penilaian kognitif nilai awal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/1/b%29_Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/3/c%29_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/4/d%29_Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/6/e%29_Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/8/f%29_Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/10/g%29_Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/12/h%29_Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12824/13/i%29_Lampiran.pdf KHUSAENI , NUR (2011) PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070203
spellingShingle L Education (General)
KHUSAENI , NUR
PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan metode survey question read recite and review sq3r pada materi perubahan wujud benda untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas v sdn kartasura 04 tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12824/
work_keys_str_mv AT khusaeninur penerapanmetodesurveyquestionreadreciteandreviewsq3rpadamateriperubahanwujudbendauntukmeningkatkanhasilbelajaripasiswakelasvsdnkartasura04tahunajaran20102011