PENERAPAN METODE SURVEY,QUESTION,READ,RECITE AND REVIEW (SQ3R) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARTASURA 04 TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dala...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: KHUSAENI , NUR
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2011
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/12824/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011 dengan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) pada materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian dengan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam tiga siklus. Tindakan kelas dilakukan dengan metode SQ3R dan diakhiri dengan post- test pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas V pada siklus I (Aspek kognitif = 54,54 atau meningkat sebesar 21,51 poin dari rata-rata nilai awal yaitu 33,03; aspek afektif = 25,39 (termasuk kategori kurang berhasil) Rata-rata hasil belajar pada siklus II (Aspek kognitif = 73,03 atau meningkat sebesar 18,49 poin dari rata-rata siklus I; Aspek afektif = 32,09 (termasuk cukup berhasil) atau meningkat sebesar 6,70 poin dari siklus I). Untuk rata-rata hasil belajar pada siklus III (Aspek kognitif = 86,96 atau meningkat sebesar 13,93 poin dari rata-rata siklus II; Aspek Afektif = 39,45 (masuk dalam kategori berhasil) atau meningkat sebesar 7,03 poin dari siklus II). Secara keseluruhan aspek penilaian kognitif pada siklus III meningkat menjadi 53,93 poin dari penilaian kognitif nilai awal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kartasura 04 tahun ajaran 2010/2011.