PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SDN WATUBONANG 02 TAHUN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran aktif dengan permainan. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan men...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: WAHYUNINGSIH , WULAN SUCI
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/12823/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran aktif dengan permainan. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah dengan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan prosentase siswa melalui (a) Meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam setiap putaran peningkatan yang terjadi yaitu 3 siswa (17,64 %) sebelum penelitian menjadi 6 siswa (47,05 %) pada putaran I 11 siswa (64,70 %) pada putaran II dan meningkatkan menjadi 16 siswa (94,11 %) pada putaran III, (b) Meningkatkan hasil belajar siswa yang berupa kemampuan mengerjakan soal-soal dengan benar peningkatan yang terjadi yaitu : 2 siswa (11,76 %) sebelum penelitian menjadi 5 siswa (29,41 %) pada putaran I 10 siswa (58,82 %) pada putaran II dan meningkat menjadi 16 siswa (94,11 %) pada putaran III.