PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SDN WATUBONANG 02 TAHUN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep Ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran aktif dengan permainan. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan men...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12823/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan pemahaman
konsep Ilmu pengetahuan sosial melalui model pembelajaran aktif dengan
permainan. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek
dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah
dengan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah
terjadinya peningkatan prosentase siswa melalui (a) Meningkatkan motivasi
belajar siswa di dalam setiap putaran peningkatan yang terjadi yaitu 3 siswa
(17,64 %) sebelum penelitian menjadi 6 siswa (47,05 %) pada putaran I 11 siswa
(64,70 %) pada putaran II dan meningkatkan menjadi 16 siswa (94,11 %) pada
putaran III, (b) Meningkatkan hasil belajar siswa yang berupa kemampuan
mengerjakan soal-soal dengan benar peningkatan yang terjadi yaitu : 2 siswa
(11,76 %) sebelum penelitian menjadi 5 siswa (29,41 %) pada putaran I 10 siswa
(58,82 %) pada putaran II dan meningkat menjadi 16 siswa (94,11 %) pada
putaran III. |
---|