PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini a...
Guardat en:
Autor principal: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicat: |
2011
|
Matèries: | |
Accés en línia: | https://eprints.ums.ac.id/12821/ |
Etiquetes: |
Afegir etiqueta
Sense etiquetes, Sigues el primer a etiquetar aquest registre!
|
_version_ | 1804995716088594432 |
---|---|
author | SAWITRI, YUNI |
author_facet | SAWITRI, YUNI |
author_sort | SAWITRI, YUNI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar
aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode
konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode
permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16
SURAKARTA. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian
ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa yaitu kelas III A dan
kelompok kontrol sebanyak 30 siswa yaitu kelas III B. Metode pengumpulan data
yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan
metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis
data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 2, 002 < thitung = 3, 776 sehingga H0 ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial
siswa antara yang diajar menggunakan metode permainan dengan metode
konvensional. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran aritmatika sosial
siswa yang diajar dengan menggunakan metode permainan lebih baik daripada
menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu metode permainan dapat
dijadikan salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses
belajar mengajar. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12821 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12821 https://eprints.ums.ac.id/12821/ PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA SAWITRI, YUNI L Education (General) Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa yaitu kelas III A dan kelompok kontrol sebanyak 30 siswa yaitu kelas III B. Metode pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 2, 002 < thitung = 3, 776 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa antara yang diajar menggunakan metode permainan dengan metode konvensional. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran aritmatika sosial siswa yang diajar dengan menggunakan metode permainan lebih baik daripada menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu metode permainan dapat dijadikan salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/6/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/8/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/9/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/15/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12821/17/09._LAMPIRAN.pdf SAWITRI, YUNI (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070163 |
spellingShingle | L Education (General) SAWITRI, YUNI PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA |
title | PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA |
title_full | PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA |
title_fullStr | PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA |
title_full_unstemmed | PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA |
title_short | PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA |
title_sort | pengaruh penggunaan metode permainan dalam aritmatika sosial dengan mengoptimalkan barang bekas sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas iii sd negeri mangkubumen no 16 surakarta |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/12821/ |
work_keys_str_mv | AT sawitriyuni pengaruhpenggunaanmetodepermainandalamaritmatikasosialdenganmengoptimalkanbarangbekassebagaimediapembelajaranterhadapprestasibelajarsiswakelasiiisdnegerimangkubumenno16surakarta |