PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini a...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Yazar: SAWITRI, YUNI
Materyal Türü: Tez
Dil:English
English
English
English
English
English
English
English
Baskı/Yayın Bilgisi: 2011
Konular:
Online Erişim:https://eprints.ums.ac.id/12821/
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
Diğer Bilgiler
Özet:Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa yaitu kelas III A dan kelompok kontrol sebanyak 30 siswa yaitu kelas III B. Metode pengumpulan data yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 2, 002 < thitung = 3, 776 sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa antara yang diajar menggunakan metode permainan dengan metode konvensional. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran aritmatika sosial siswa yang diajar dengan menggunakan metode permainan lebih baik daripada menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu metode permainan dapat dijadikan salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.