PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN DALAM ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16 SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini a...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/12821/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis perbedaan prestasi belajar
aritmatika sosial siswa yang diberi metode permainan dengan metode
konvensional, 2) mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan metode
permainan lebih baik dibandingkan metode konvensional. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas III SD NEGERI MANGKUBUMEN NO. 16
SURAKARTA. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling kemudian
ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa yaitu kelas III A dan
kelompok kontrol sebanyak 30 siswa yaitu kelas III B. Metode pengumpulan data
yang digunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan
metode Liliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett. Dari hasil analisis
data pada α = 5 % diperoleh ttabel = 2, 002 < thitung = 3, 776 sehingga H0 ditolak.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar aritmatika sosial
siswa antara yang diajar menggunakan metode permainan dengan metode
konvensional. Implikasi pada penelitian ini adalah pengajaran aritmatika sosial
siswa yang diajar dengan menggunakan metode permainan lebih baik daripada
menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu metode permainan dapat
dijadikan salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses
belajar mengajar. |
---|