UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ERMAWATI , SELPIA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12819/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995715533897728
author ERMAWATI , SELPIA
author_facet ERMAWATI , SELPIA
author_sort ERMAWATI , SELPIA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pandean yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh kepercayan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda, misalnya observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Pendekatan kualitatif sebenarnya merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang terdiri dari permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran pengukuran waktu. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 52,59%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 62,22% ( mengalami peningkatan sebesar 9,63% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 72,22% ( mengalami peningkatan sebesar 10% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 14,07% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Notasi Jam dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12819
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12819 https://eprints.ums.ac.id/12819/ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011) ERMAWATI , SELPIA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pandean yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh kepercayan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda, misalnya observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Pendekatan kualitatif sebenarnya merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang terdiri dari permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran pengukuran waktu. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 52,59%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 62,22% ( mengalami peningkatan sebesar 9,63% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 72,22% ( mengalami peningkatan sebesar 10% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 14,07% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Notasi Jam dapat meningkatkan hasil belajar matematika. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12819/20/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf ERMAWATI , SELPIA (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070110
spellingShingle L Education (General)
ERMAWATI , SELPIA
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_short UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_sort upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui media notasi jam pada siswa kelas v sekolah dasar negeri iii pandean kecamatan jatisrono kabupaten wonogiri tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12819/
work_keys_str_mv AT ermawatiselpia upayameningkatkanhasilbelajarmatematikamelaluimedianotasijampadasiswakelasvsekolahdasarnegeriiiipandeankecamatanjatisronokabupatenwonogiritahunajaran20102011