UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA NOTASI JAM PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI III PANDEAN KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima t...
Furkejuvvon:
Váldodahkki: | |
---|---|
Materiálatiipa: | Oahppočájánas |
Giella: | English English English English English English English English |
Almmustuhtton: |
2011
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://eprints.ums.ac.id/12819/ |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
Čoahkkáigeassu: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan hasil
belajar matematika siswa pada materi pembelajaran pengukuran waktu
dalam pembelajaran matematika melalui media Notasi Jam. Jenis
penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas).
Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri III Pandean
yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumen, tes dan wawancara. Untuk menjamin validitas data,
digunakan teknik triangulasi. Teknik tiangulasi yang digunakan adalah
triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik
pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk
memperoleh kepercayan terhadap suatu data dengan membandingkan
data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah,
guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan
data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang
berbeda, misalnya observasi, dokumen, tes dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Pendekatan
kualitatif sebenarnya merupakan tata cara penelitian yang menghasilkan
data deskriptif yang terdiri dari permasalahan, perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran pengukuran
waktu. Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa
yang sebelumnya hanya 52,59%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai
menjadi 62,22% ( mengalami peningkatan sebesar 9,63% ). Pada siklus
II hasil belajar yang dicapai sebesar 72,22% ( mengalami peningkatan
sebesar 10% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai
menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 14,07% ). Penelitian
ini menyimpulkan bahwa penggunaan Media Notasi Jam dapat
meningkatkan hasil belajar matematika. |
---|