PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEKARSARI , LULUQ
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12817/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995714978152448
author SEKARSARI , LULUQ
author_facet SEKARSARI , LULUQ
author_sort SEKARSARI , LULUQ
collection ePrints
description Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang benda cair, padat dan gas dengan menggunakan metode Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar, tes, serta daftar nilai kelas IV SD Negeri Winong. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM 63,8 adalah 39%. Pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 69%. Keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 74%, keaktifan selama proses pembelajaran 66%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 58%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 89%, keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 87%, keaktifan selama proses pembelajaran 89%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 79%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12817
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12817 https://eprints.ums.ac.id/12817/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 SEKARSARI , LULUQ L Education (General) Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang benda cair, padat dan gas dengan menggunakan metode Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar, tes, serta daftar nilai kelas IV SD Negeri Winong. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM 63,8 adalah 39%. Pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 69%. Keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 74%, keaktifan selama proses pembelajaran 66%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 58%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 89%, keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 87%, keaktifan selama proses pembelajaran 89%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 79%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12817/13/LAMPIRAN.pdf SEKARSARI , LULUQ (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070091
spellingShingle L Education (General)
SEKARSARI , LULUQ
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_sort peningkatan hasil belajar ipa tentang benda cair padat dan gas dengan menggunakan metode numbered heads together pada siswa kelas iv sd negeri winong kecamatan penawangan kabupaten grobogan tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12817/
work_keys_str_mv AT sekarsariluluq peningkatanhasilbelajaripatentangbendacairpadatdangasdenganmenggunakanmetodenumberedheadstogetherpadasiswakelasivsdnegeriwinongkecamatanpenawangankabupatengrobogantahunpelajaran20102011