PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SEKARSARI , LULUQ
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/12817/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang benda cair, padat dan gas dengan menggunakan metode Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar, tes, serta daftar nilai kelas IV SD Negeri Winong. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM 63,8 adalah 39%. Pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 69%. Keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 74%, keaktifan selama proses pembelajaran 66%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 58%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 89%, keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 87%, keaktifan selama proses pembelajaran 89%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 79%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.