PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12817/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah
yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar
IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong
Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA
tentang benda cair, padat dan gas dengan menggunakan metode Numbered Heads
Together pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan
Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011.
Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara,
observasi partisipan, dokumentasi, dan tes. Instrument yang digunakan dalam
mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar, tes, serta daftar nilai kelas
IV SD Negeri Winong. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis
interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan dengan
KKM 63,8 adalah 39%. Pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 69%.
Keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 74%, keaktifan selama proses
pembelajaran 66%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 58%. Pada siklus II
jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 89%, keaktifan siswa selama guru
memberikan apersepsi 87%, keaktifan selama proses pembelajaran 89%, keaktifan
siswa dalam bekerja sama 79%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. |
---|