PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA CAIR, PADAT DAN GAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI WINONG KECAMATAN PENAWANGAN KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEKARSARI , LULUQ
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12817/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang Benda Cair, padat dan gas pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun ajaran 2010/2011 ?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tentang benda cair, padat dan gas dengan menggunakan metode Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD Negeri Winong Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi partisipan, dokumentasi, dan tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu berupa lembar, tes, serta daftar nilai kelas IV SD Negeri Winong. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis interaktif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, data awal nilai siswa yang mencapai ketuntasan dengan KKM 63,8 adalah 39%. Pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 69%. Keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 74%, keaktifan selama proses pembelajaran 66%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 58%. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 89%, keaktifan siswa selama guru memberikan apersepsi 87%, keaktifan selama proses pembelajaran 89%, keaktifan siswa dalam bekerja sama 79%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.