KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cep...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English English |
Vydáno: |
2011
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/12816/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
_version_ | 1804995714695036928 |
---|---|
author | JUPRIYANTO , JUPRIYANTO |
author_facet | JUPRIYANTO , JUPRIYANTO |
author_sort | JUPRIYANTO , JUPRIYANTO |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran
cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar
sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran
2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD
Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian
terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai
kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan
metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol
dengan metode pembelajaran konvensional.
Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12
dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25
diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5%
dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak
dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti
metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran
konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2
Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun
datar sederhana. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12816 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12816 https://eprints.ums.ac.id/12816/ KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 JUPRIYANTO , JUPRIYANTO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011. Dengan populasi penelitian terpilih sampel yaitu 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Sedangkan kelompok kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Dari penelitian diketahui bahwa rata – rata hasil belajar kelompok eksperimen = 70,12 dan rata – rata hasil belajar kelompok kontrol = 64,32. Dengan n1 = 25 dan n2 = 25 diperoleh thitung = -3,139 dan nilai probabilitas = 0,004. Dengan taraf signifikansi α 5% dan dk = 24 diperoleh ttabel =2,064. Karena Ho terletak pada daerah krtitik Ho ditolak dan nilai probabilitas < taraf signifikansi α 5% maka Ho ditolak dan H1 diterima berarti metode cooperative learning tipe STAD lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V semester II SD Negeri 2 Gedangan Cepogo tahun pelajaran 2010 / 2011 pada sub materi pokok luas bangun datar sederhana. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/6/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/9/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/12/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12816/14/9._LAMPIRAN.pdf JUPRIYANTO , JUPRIYANTO (2011) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070077 |
spellingShingle | L Education (General) JUPRIYANTO , JUPRIYANTO KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN CEPOGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | keefektifan metode pembelajaran cooperative learning tipe stad dan metode konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd negeri 2 gedangan cepogo tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/12816/ |
work_keys_str_mv | AT jupriyantojupriyanto keefektifanmetodepembelajarancooperativelearningtipestaddanmetodekonvensionalterhadaphasilbelajarmatematikasiswakelasvsdnegeri2gedangancepogotahunpelajaran20102011 |