MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER KELAS IV SD NEGERI DAWUNG 2 KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer materi lembaga pemerintahan pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12814/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and
getting answer materi lembaga pemerintahan pusat. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV
SD Negeri Dawung 2 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin
validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer. Hal ini
dapat dilihat dari 1) keaktifan dalam merespon apersepsi guru sebelum diadakan
tindakan sebesar 21,05%, dan di akhir tindakan mencapai 85%, 2) aktif
memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 31,57%, dan
di akhir tindakan mencapai 80%, 3) aktif dalam kerja kelompok sebelum diadakan
tindakan sebesar 15,78%, dan di akhir tindakan mencapai 90%, 4) aktif
menanggapi presentasi kelompok lain sebelum diadakan tindakan sebesar 10,52%,
dan di akhir tindakan mencapai 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan
menggunakan metode giving questions and getting answer dapat meningkatkan
keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan Kewarganegaraan. |
---|