MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER KELAS IV SD NEGERI DAWUNG 2 KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer materi lembaga pemerintahan pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WERDININGTYAS, AMIYARSI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12814/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer materi lembaga pemerintahan pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Dawung 2 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui metode giving questions and getting answer. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan dalam merespon apersepsi guru sebelum diadakan tindakan sebesar 21,05%, dan di akhir tindakan mencapai 85%, 2) aktif memperhatikan penjelasan guru sebelum diadakan tindakan sebesar 31,57%, dan di akhir tindakan mencapai 80%, 3) aktif dalam kerja kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 15,78%, dan di akhir tindakan mencapai 90%, 4) aktif menanggapi presentasi kelompok lain sebelum diadakan tindakan sebesar 10,52%, dan di akhir tindakan mencapai 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode giving questions and getting answer dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Pendidikan Kewarganegaraan.