METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Pembelajaran Quantum Teaching merupakan metode pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Metode pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: OKTALINASARI , VENI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12813/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995713857224704
author OKTALINASARI , VENI
author_facet OKTALINASARI , VENI
author_sort OKTALINASARI , VENI
collection ePrints
description Pembelajaran Quantum Teaching merupakan metode pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Metode pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan metode pembelajaran Quantum Teaching, karena metode tersebut bisa diterapkan di SD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Penelitian dilakukan di SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang didalamnya terdapat tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakukan adalah 51,11. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 55,19, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 65,93 dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,51. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Quantum Teaching tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12813
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12813 https://eprints.ums.ac.id/12813/ METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 OKTALINASARI , VENI L Education (General) Pembelajaran Quantum Teaching merupakan metode pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Metode pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia memerlukan penanganan yang segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan masalah tersebut dengan metode pembelajaran Quantum Teaching, karena metode tersebut bisa diterapkan di SD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Penelitian dilakukan di SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang didalamnya terdapat tiga komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum perlakukan adalah 51,11. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 55,19, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 65,93 dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,51. Secara keseluruhan dengan penggunaan metode Quantum Teaching tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/6/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/7/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/10/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/12/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12813/14/09_LAMPIRAN.pdf OKTALINASARI , VENI (2011) METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070069
spellingShingle L Education (General)
OKTALINASARI , VENI
METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_full METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_fullStr METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_full_unstemmed METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_short METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
title_sort metode quantum teaching sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran ipa di sd n ii ngadirojo lor kecamatan ngadirojo kabupaten wonogiri tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12813/
work_keys_str_mv AT oktalinasariveni metodequantumteachingsebagaiupayameningkatkanhasilbelajarsiswakelasvpadamatapelajaranipadisdniingadirojolorkecamatanngadirojokabupatenwonogiritahunpelajaran20102011