METODE QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD N II NGADIROJO LOR KECAMATAN NGADIROJO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Pembelajaran Quantum Teaching merupakan metode pembelajaran yang ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Metode pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia me...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12813/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pembelajaran Quantum Teaching merupakan metode pembelajaran yang
ideal, karena menekankan kerja sama antara siswa dan guru untuk mencapai
tujuan bersama. Metode pembelajaran ini juga efektif karena memungkinkan
siswa dapat belajar secara optimal. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia
memerlukan penanganan yang segera. Oleh karena itu penulis ingin memecahkan
masalah tersebut dengan metode pembelajaran Quantum Teaching, karena metode
tersebut bisa diterapkan di SD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi
siswa SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri.
Penelitian dilakukan di SD N II Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten
Wonogiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor,
Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 27 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi dan wawancara.
Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yang didalamnya terdapat tiga
komponen yaitu reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum
perlakukan adalah 51,11. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan
metode Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi
55,19, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi menjadi 65,93 dan
siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,51. Secara keseluruhan dengan
penggunaan metode Quantum Teaching tersebut mampu meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N II Ngadirojo Lor,
Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. |
---|