PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GET REAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PENGKOK IV KEDAWUNG TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih rendahnya hasil belajar matematika, yang kebanyakan disebabkan oleh metode pengajaran yang digunakan oleh gurunya sehingga membuat siswa bosan dan jenuh. Seperti yang dilaporkan oleh Adinegara dalam penelitiannya. Pada umumnya belajar Matematika...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12806/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih rendahnya hasil belajar
matematika, yang kebanyakan disebabkan oleh metode pengajaran yang
digunakan oleh gurunya sehingga membuat siswa bosan dan jenuh. Seperti yang
dilaporkan oleh Adinegara dalam penelitiannya. Pada umumnya belajar
Matematika bukan hal yang mudah bagi siswa sehingga memerlukan langkah
mengubah sesuatu yang abstrak menjadi konkrit kemudian mengembalikannya
menjadi abstrak, diawali dengan keabstrakan konsep-konsep Matematika tersebut.
Dalam pembelajaran Matematika, langkah-langkah mengubah sesuatu yang
abstrak menjadi konkrit kemudian mengembalikannya menjadi abstrak
berlangsung baik jika diserasikan dengan pembelajaran dengan metode get real.
Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan pendekatan metode get real pada
materi bangun ruang di SD Pengkok IV selama proses pembelajaran terlaksana
dengan baik, yaitu terlihat dari aktivitas siswa dalam melaksanakan tahap-tahap
pembelajaran memiliki prosentase rata-rata hasil belajar mencapai (79,54%),
Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa mencapai (100%), dan ini berarti
bahwa telah mencapai ketuntasan klasikal, sedangkan ketuntasan individual belum
tercapai karena nilai tes akhir yang dicapai masih ada yang di bawah kriteria yaitu
kurang dari 65. |
---|