PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYAMELALUI PENDEKATAN TWO STAY TWO STRAY KELAS IV SDN WERU 03 TAHUN PELAJARAN 2010 /2011 (PTK Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil SDN Weru 03 Weru Sukoharjo)
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dengan menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray. Bentuk penelitian ini: Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan II Siklus, tiap siklus terdiri dari 4 taha...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12802/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV
pada pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya dengan
menggunakan pendekatan Two Stay Two Stray. Bentuk penelitian ini: Penelitian
Tindakan Kelas dengan menggunakan II Siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek yang diteliti
siswa kelas IV SD Negeri Weru 03 yang berjumlah 14 siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu:
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.
Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap
putaran, kondisi awal ( 57,2%), putaran I (71, 42%), putaran II (92,86%).
Kesimpulan penelitian ini yaitu pendekatan Two Stay Two Stray dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. |
---|