PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011

Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada sisw...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYONO , TRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12799/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995710032019456
author WAHYONO , TRI
author_facet WAHYONO , TRI
author_sort WAHYONO , TRI
collection ePrints
description Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siswa yang berjumlah 39. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data diperoleh dari hasil test siswa. Hasil kelas nilai post test dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siklus I siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 33 siswa dari kriteria ketuntasan minimal(KKM) awal 15 siswa meningkat 18 siswa termasuk dalam kategori cukup berminat. Pada siklus II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 37 siswa dari nilai siklus I, dalam kategori cukup berminat. Pada siklus III siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 36 siswa menurun dari nilai siklus II, termasuk dalam kategori kurang berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Model joyful learning dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari tahun ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12799
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12799 https://eprints.ums.ac.id/12799/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 WAHYONO , TRI L Education (General) Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siswa yang berjumlah 39. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data diperoleh dari hasil test siswa. Hasil kelas nilai post test dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siklus I siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 33 siswa dari kriteria ketuntasan minimal(KKM) awal 15 siswa meningkat 18 siswa termasuk dalam kategori cukup berminat. Pada siklus II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 37 siswa dari nilai siklus I, dalam kategori cukup berminat. Pada siklus III siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 36 siswa menurun dari nilai siklus II, termasuk dalam kategori kurang berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Model joyful learning dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/17/LAMPIRAN.pdf WAHYONO , TRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420060017
spellingShingle L Education (General)
WAHYONO , TRI
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan strategi pembelajaran model joyful learning belajar yang menyenangkan untuk meningkatkan penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem gerak pada manusia kelas viii smp negeri i bendosari sukoharjo tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12799/
work_keys_str_mv AT wahyonotri penerapanstrategipembelajaranmodeljoyfullearningbelajaryangmenyenangkanuntukmeningkatkanpenguasaankonsepbiologipokokbahasansistemgerakpadamanusiakelasviiismpnegeriibendosarisukoharjotahunajaran20102011