PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada sisw...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12799/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995710032019456 |
---|---|
author | WAHYONO , TRI |
author_facet | WAHYONO , TRI |
author_sort | WAHYONO , TRI |
collection | ePrints |
description | Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran,
menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari
dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siswa yang
berjumlah 39. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III.
Sumber data diperoleh dari hasil test siswa. Hasil kelas nilai post test dengan
menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siklus I siswa yang
melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 33 siswa dari kriteria ketuntasan
minimal(KKM) awal 15 siswa meningkat 18 siswa termasuk dalam kategori
cukup berminat. Pada siklus II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal
(KKM) meningkat menjadi 37 siswa dari nilai siklus I, dalam kategori cukup
berminat. Pada siklus III siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM)
36 siswa menurun dari nilai siklus II, termasuk dalam kategori kurang berminat.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menerapkan Strategi Pembelajaran Model joyful learning dapat meningkatkan
penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem gerak pada manusia siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Bendosari tahun ajaran 2010/2011. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12799 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12799 https://eprints.ums.ac.id/12799/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 WAHYONO , TRI L Education (General) Siswa pasif dan kurang memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran, menyebabkan hasil belajar biologi siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siswa yang berjumlah 39. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III. Sumber data diperoleh dari hasil test siswa. Hasil kelas nilai post test dengan menerapkan Strategi Pembelajaran model joyful learning pada siklus I siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 33 siswa dari kriteria ketuntasan minimal(KKM) awal 15 siswa meningkat 18 siswa termasuk dalam kategori cukup berminat. Pada siklus II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 37 siswa dari nilai siklus I, dalam kategori cukup berminat. Pada siklus III siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 36 siswa menurun dari nilai siklus II, termasuk dalam kategori kurang berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Model joyful learning dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem gerak pada manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendosari tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/1/halaman_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12799/17/LAMPIRAN.pdf WAHYONO , TRI (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420060017 |
spellingShingle | L Education (General) WAHYONO , TRI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL JOYFUL LEARNING (BELAJAR YANG MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI I BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
|
title_sort | penerapan strategi pembelajaran model joyful learning belajar yang menyenangkan untuk meningkatkan penguasaan konsep biologi pokok bahasan sistem gerak pada manusia kelas viii smp negeri i bendosari sukoharjo tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/12799/ |
work_keys_str_mv | AT wahyonotri penerapanstrategipembelajaranmodeljoyfullearningbelajaryangmenyenangkanuntukmeningkatkanpenguasaankonsepbiologipokokbahasansistemgerakpadamanusiakelasviiismpnegeriibendosarisukoharjotahunajaran20102011 |