PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala seko...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12797/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995709483614208 |
---|---|
author | ANDARI, ANDARI |
author_facet | ANDARI, ANDARI |
author_sort | ANDARI, ANDARI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan procedural
fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif
index card match. Penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas
bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK
Muhammadiyah 3 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa
kelas X TKJ (teknik komputer jaringan) B yang berjumlah 39 siswa, dan subjek
pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Data dikumpulkan melalui metode
observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi pembelajarn aktif
index card match dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa. Hal
ini dilihat dari indikator-indikator kemampuan procedural fluency sebagai berikut
: 1) kemampuan siswa dalam mendefinisikan konsep sebelum tindakan 16,2%
meningkat sebanyak 62,9% pada akhir tindakan; 2) kemampuan siswa dalam
mengeksplorasikan konsep sebelum tindakan 10,8% meningkat sebanyak 51,4%
pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep
sebelum tindakan 7,7% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan;
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif
index card match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan
kemampuan procedural fluency siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12797 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12797 https://eprints.ums.ac.id/12797/ PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) ANDARI, ANDARI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X TKJ (teknik komputer jaringan) B yang berjumlah 39 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi pembelajarn aktif index card match dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa. Hal ini dilihat dari indikator-indikator kemampuan procedural fluency sebagai berikut : 1) kemampuan siswa dalam mendefinisikan konsep sebelum tindakan 16,2% meningkat sebanyak 62,9% pada akhir tindakan; 2) kemampuan siswa dalam mengeksplorasikan konsep sebelum tindakan 10,8% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep sebelum tindakan 7,7% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/14/Lampiran.pdf ANDARI, ANDARI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070270 |
spellingShingle | L Education (General) ANDARI, ANDARI PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full | PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_fullStr | PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_short | PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_sort | peningkatan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match ptk pembelajaran matematika kelas x tkj b semester genap smk muhammadiyah 3 surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/12797/ |
work_keys_str_mv | AT andariandari peningkatankemampuanproceduralfluencysiswadalampembelajaranmatematikamelaluistrategipembelajaranaktifindexcardmatchptkpembelajaranmatematikakelasxtkjbsemestergenapsmkmuhammadiyah3surakartatahunajaran20102011 |