PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala seko...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANDARI, ANDARI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12797/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995709483614208
author ANDARI, ANDARI
author_facet ANDARI, ANDARI
author_sort ANDARI, ANDARI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X TKJ (teknik komputer jaringan) B yang berjumlah 39 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi pembelajarn aktif index card match dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa. Hal ini dilihat dari indikator-indikator kemampuan procedural fluency sebagai berikut : 1) kemampuan siswa dalam mendefinisikan konsep sebelum tindakan 16,2% meningkat sebanyak 62,9% pada akhir tindakan; 2) kemampuan siswa dalam mengeksplorasikan konsep sebelum tindakan 10,8% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep sebelum tindakan 7,7% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12797
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12797 https://eprints.ums.ac.id/12797/ PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011) ANDARI, ANDARI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match. Penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X TKJ (teknik komputer jaringan) B yang berjumlah 39 siswa, dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi pembelajarn aktif index card match dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa. Hal ini dilihat dari indikator-indikator kemampuan procedural fluency sebagai berikut : 1) kemampuan siswa dalam mendefinisikan konsep sebelum tindakan 16,2% meningkat sebanyak 62,9% pada akhir tindakan; 2) kemampuan siswa dalam mengeksplorasikan konsep sebelum tindakan 10,8% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; 3) kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep sebelum tindakan 7,7% meningkat sebanyak 51,4% pada akhir tindakan; Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif index card match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan procedural fluency siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/1/2.HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12797/14/Lampiran.pdf ANDARI, ANDARI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070270
spellingShingle L Education (General)
ANDARI, ANDARI
PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN PROCEDURAL FLUENCY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika Kelas X TKJ B Semester Genap SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan kemampuan procedural fluency siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran aktif index card match ptk pembelajaran matematika kelas x tkj b semester genap smk muhammadiyah 3 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12797/
work_keys_str_mv AT andariandari peningkatankemampuanproceduralfluencysiswadalampembelajaranmatematikamelaluistrategipembelajaranaktifindexcardmatchptkpembelajaranmatematikakelasxtkjbsemestergenapsmkmuhammadiyah3surakartatahunajaran20102011