IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC DAN SAVI DITINJAU DARI GENDER SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Penelitian Eksperimen pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran CIRC dan SAVI terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh gender siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model pembelajaran CIRC dan SAVI ditinjau dari gender siswa terhadap prest...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12795/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model
pembelajaran CIRC dan SAVI terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh
gender siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara model
pembelajaran CIRC dan SAVI ditinjau dari gender siswa terhadap prestasi belajar
matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N
1 Gondangrejo yang berjumlah 240 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian
ini sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 39 siswa sebagai kelas CIRC dan 40 siswa
sebagai kelas SAVI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah cara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya
dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan program SPSS untuk uji
normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk % 5 = α dapat
disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara
siswa yang diberi model pembelajaran CIRC dan SAVI terhadap prestasi belajar
matematika pada pokok bahasan Lingkaran dengan nilai probabilitas 0,027 <
0,05, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan
Lingkaran ditinjau dari Gender Siswa, dengan nilai signifikansi 0,031 < 0,05, (3)
tidak ada interaksi antara model pembelajaran CIRC dan SAVI dengan gender
siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan Lingkaran,
dengan nilai signifikansi 0,833 > 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada
perbedaan prestasi belajar ditinjau dari model pembelajaran dan Gender Siswa,
sedangkan interaksi antara model pembelajaran dengan Gender Siswa tidak
memberikan dampak yang berarti pada prestasi belajar khususnya dalam pokok
bahasan Lingkaran. |
---|