PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen)
Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12794/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995708666773504 |
---|---|
author | WULANDARI , AJENG RETNO |
author_facet | WULANDARI , AJENG RETNO |
author_sort | WULANDARI , AJENG RETNO |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui peningkatan kemampuan
siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi matematika
dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah
siswa kelas VII B SMP PGRI 2 Karangmalang Sragen yang berjumlah 23 siswa.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review,
dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran dan
komunikasi dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Hal ini dapat dilihat dari
banyaknya siswa yang mampu: 1) mengajukan dugaan sebelum tindakan sebesar
4,34%, sesudah tindakan menjadi 95,23%, 2) menyelesaikan soal dengan runtut
sebelum tindakan sebesar 8,69%, sesudah tindakan naik menjadi 71,42%, 3)
menunjukkan jawaban yang benar sesuai permasalahan yang ada sebelum
tindakan sebesar 21,73%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 4) menjawab
permasalahan dengan berbagai cara sebelum tindakan sebesar 0%, sesudah
tindakan naik sebesar 61,90%, 5) membuktikan kebenaran dari suatu pernyataan
sebelum tindakan sebesar 26,08%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 6)
menemukan hasil melalui suatu gambar sebelum tindakan sebesar 21,73%,
sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 7) mempresentasikan jawaban sebelum
tindakan sebesar 30,43%, sesudah tindakan sebesar 80,95%, 8) mengkonstruksi
pengetahuan matematis sebelum tindakan sebesar 43,47%, sesudah tindakan naik
sebesar 85,71%, 9) bekerjasama sebelum tindakan sebesar 30,43%, sesudah
tindakan naik sebesar 95,23%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran
matematika pokok bahasan persegi dan persegipanjang dapat meningkatkan
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:12794 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:12794 https://eprints.ums.ac.id/12794/ PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen) WULANDARI , AJENG RETNO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP PGRI 2 Karangmalang Sragen yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mampu: 1) mengajukan dugaan sebelum tindakan sebesar 4,34%, sesudah tindakan menjadi 95,23%, 2) menyelesaikan soal dengan runtut sebelum tindakan sebesar 8,69%, sesudah tindakan naik menjadi 71,42%, 3) menunjukkan jawaban yang benar sesuai permasalahan yang ada sebelum tindakan sebesar 21,73%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 4) menjawab permasalahan dengan berbagai cara sebelum tindakan sebesar 0%, sesudah tindakan naik sebesar 61,90%, 5) membuktikan kebenaran dari suatu pernyataan sebelum tindakan sebesar 26,08%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 6) menemukan hasil melalui suatu gambar sebelum tindakan sebesar 21,73%, sesudah tindakan naik menjadi 90,47%, 7) mempresentasikan jawaban sebelum tindakan sebesar 30,43%, sesudah tindakan sebesar 80,95%, 8) mengkonstruksi pengetahuan matematis sebelum tindakan sebesar 43,47%, sesudah tindakan naik sebesar 85,71%, 9) bekerjasama sebelum tindakan sebesar 30,43%, sesudah tindakan naik sebesar 95,23%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persegi dan persegipanjang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penalaran dan komunikasi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12794/16/LAMPIRAN.pdf WULANDARI , AJENG RETNO (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060181 |
spellingShingle | L Education (General) WULANDARI , AJENG RETNO PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen) |
title | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen) |
title_full | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen) |
title_fullStr | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen) |
title_short | PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PENALARAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Karangmalang, Sragen) |
title_sort | peningkatan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal soal penalaran dan komunikasi melalui pembelajaran kooperatif tipe think pair share tps ptk pada siswa kelas vii smp pgri 2 karangmalang sragen |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/12794/ |
work_keys_str_mv | AT wulandariajengretno peningkatankemampuansiswadalammenyelesaikansoalsoalpenalarandankomunikasimelaluipembelajarankooperatiftipethinkpairsharetpsptkpadasiswakelasviismppgri2karangmalangsragen |