IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournement pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tinda...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRIHANTORO , FENDI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/12792/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995708120465408
author PRIHANTORO , FENDI
author_facet PRIHANTORO , FENDI
author_sort PRIHANTORO , FENDI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournement pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Eromoko yang berjumlah 35 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan himpunan melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 17,50% dan di akhir tindakan mencapai 57,14%, 2) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas dan menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,50% dan di akhir tindakan mencapai 60,00%, 3) Keaktifan siswa diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,50% dan di akhir tindakan mencapai 71,43%. Siswa yang tuntas belajar dengan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari sama dengan 70, sebelum dilakukan tindakan sebanyak 40,51% dan di akhir tindakan mencapai 91,43%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:12792
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:12792 https://eprints.ums.ac.id/12792/ IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011) PRIHANTORO , FENDI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournement pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Eromoko yang berjumlah 35 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan himpunan melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 17,50% dan di akhir tindakan mencapai 57,14%, 2) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas dan menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,50% dan di akhir tindakan mencapai 60,00%, 3) Keaktifan siswa diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,50% dan di akhir tindakan mencapai 71,43%. Siswa yang tuntas belajar dengan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari sama dengan 70, sebelum dilakukan tindakan sebanyak 40,51% dan di akhir tindakan mencapai 91,43%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/1/b%29_Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/3/c%29_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/5/d%29_Bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/8/e%29_Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/10/f%29_Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/12/g%29_Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/13/h%29_Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/12792/14/i%29_Lampiran.pdf PRIHANTORO , FENDI (2011) IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070143
spellingShingle L Education (General)
PRIHANTORO , FENDI
IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)
title IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort implementasi metode active knowledge sharing dan learning tournament dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam materi himpunan ptk di kelas vii semester ii smp negeri 1 eromoko tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/12792/
work_keys_str_mv AT prihantorofendi implementasimetodeactiveknowledgesharingdanlearningtournamentdalampembelajaransebagaiupayapeningkatankeaktifandanprestasibelajarsiswadalammaterihimpunanptkdikelasviisemesteriismpnegeri1eromokotahunajaran20102011