IMPLEMENTASI METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN LEARNING TOURNAMENT DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATERI HIMPUNAN (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Eromoko Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournement pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tinda...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/12792/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar
siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Active Knowledge Sharing
dan Learning Tournement pada pokok bahasan Himpunan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa
kelas VIIE SMP Negeri 1 Eromoko yang berjumlah 35 siswa dan subjek
pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu oleh guru matematika. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan
himpunan melalui metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament.
Hal ini dapat dilihat dari: 1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan
sebelum dilakukan tindakan sebesar 17,50% dan di akhir tindakan mencapai
57,14%, 2) Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas dan
menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,50% dan di akhir
tindakan mencapai 60,00%, 3) Keaktifan siswa diskusi sebelum dilakukan
tindakan sebesar 27,50% dan di akhir tindakan mencapai 71,43%. Siswa yang
tuntas belajar dengan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) lebih dari
sama dengan 70, sebelum dilakukan tindakan sebanyak 40,51% dan di akhir
tindakan mencapai 91,43%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan
metode Active Knowledge Sharing dan Learning Tournament dalam pembelajaran
matematika pada pokok bahasan himpunan dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar siswa. |
---|